Swap linux biasanya 2x dari Ram. Untuk saat ini jika anda menggunakan dedicated server dengan ram tinggi misalkan 16Gb ram kemungkinan adalah swap sudah tidak diperlukan lagi. Mengapa hal itu bisa terjadi ? Karena kecepatan akses web juga akan berpengaruh pada konfigurasi anda apakah menggunakan swap atau tidak.

Jika anda bertanya, lalu manfaat swap linux itu apa ? Swap digunakan untuk yang memiliki vps maupun dedicated dengan ram yang kecil. Misalkan vps anda adalah ram 1Gb sudah pasti membutuhkan swap untuk menjadi cadangan ram ketika penuh.

Contents

Pentingkah Swap linux ? Jika Disable, Bagaimana ?

keunggulan swap linux

Seperti yang sudah dijelaskan diatas. Swap akan sangat bermanfaat untuk anda yang memiliki ram kecil. Akan tetapi bila mana anda memiliki ram yang cukup tinggi kemungkinan swap disable cukup baik karena akan mempermudah kinerja ssd atau hardisk. Anda bisa bayangkan pekerjaan disk anda ketika dia harus input dan output sebuah file maupun membaca dan menulis yang masuk ke dalam database?? Bila mana menggunakan ssd anda bisa mendapatkan sebuah kecepatan 300MB/s minimal kemungkinan swap aktif tidak  begitu berasa.

Akan tetapi bila anda berpikir menggunakan hardisk dengan kecepatan 120MB/s standartnya maka sudah dipastikan hal ini akan memperlambat kinerja disk tersebut dan menjadi lambat untuk membaca dan menulis akhirnya menunggu antrian. Sudah paham tentang kinerja disk yang berat??

Swap akan sangat penting bila mana ram anda kecil. Tentunya dengan dukungan SSD yang memiliki kecepatan tinggi.
Akan sangat bahaya bila mana anda mengaktifkan swap dengan menggunakan hardisk yang akan memperburuk kinerja disk anda.

Keuntungan Dan kekurangan Swap Linux Disable

Keuntungan disini bisa jadi malapetaka juga. Jadi anda harus memperhatikan secara detail tentang kebutuhan kinerja pada server anda. Kebanyakan saat ini menggunakan SSD terutama vps banyak cloud vps yang menjual dengan harga murah. Akan tetapi jika request dan resource dibutuhkan disk io banyak akan tetap beban bagi sebuah SSD itu sendiri, bila mana anda menggunakan sebuah swap maka sudah dipastikan pekerjaan akan 2x lipat karena harus  mengerjakan semua.

Webserver maupun Mysql akan mati bila mana kekurangan Ram. Maka dari itu Swap linux sebagai solusi anda untuk menghindari downtime pada server.

Akan tetapi, SSD yang saya maksud di atas lebih cepat, bahkan jauh lebih cepat dari hardisk sehingga anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mengecek di perintah monitoring untuk melihat bagaimana disk itu bekerja apakah memberatkan atau ideal. Jika ideal maka biarkan saja swap aktif, atau jika dirasa disk bekerja diatas 70% maka usahakan untuk disable swap.

Efisiensi Swap Digunakan

Untuk ram 2Gb anda bisa gunakan swap 2x lipat dari ram misalkan adalah 4Gb file system swap. Akan tetapi bila mana anda menggunakan 4Gb ram sebaiknya berikan swap sekitar 4Gb juga. Semakin banyak swap file yang disimpan, semakin berat juga disk/ssd bekerja oleh karena itu dibatasi saja maksimal 4Gb ram ( Pengalaman saya ) jadi bila mana anda memiliki ram 8Gb dirasa kurang maka bisa menambahkan swap 4Gb jadi 8Gb + 4Gb system swap.

Lalu bagaimana yang ramnya 16Gb ? sebenernya untuk 4 core cpu dalam perhitungan ram 16Gb sudah cukup bila mana tanpa swap. Kemungkinan yang bekerja banyak adalah cache baik sisi mysql maupun webservernya. Jadi dipastikan anda menggunakan ram yang cukup tinggi untuk menunjang cache tersebut, bila mana dirasa ram kurang solusinya adalah swap atau upggrade ram.

Cara Install Swap / Aktfikan Swap

Untuk mengaktifkan swap linux centos 7 cukup mudah.  Saya membuat untuk kapastikas menggunakan 4Gb sebagai contoh. Bila mana anda membutuhkan lebih atau kurang bisa di edit bagian “count”

dd if=/dev/zero of=/swap count=4096 bs=1MiB

Jika anda bertanya, kenapa tidak menggunakan perintah : fallocate -l 1G /swapfile . Saya kurang tau ya, tapi mengenai ini kenapa tidak bekerja di swap. Jadi anda ikuti untuk dd demi keberhasilan anda.

jika sudah anda ubah bagian chmod dan ikutin beberapa step kami, silahkan di copy paste atau ketik manual

sudo chmod 600 /swap
sudo mkswap /swap
sudo swapon /swap

Ok. Selamat swap telah terbuat. Selanjutnya adalah menambahkan partisi di fstab agar ketika reboot settingan swap sudah otomatis. Silahkan ke file fstab di /etc lalu isi seperti dibawah ini

/swap swap swap defaults 0 0

Jika sudah maka selamat. Anda berhasil mengaktifkan swap centos 7 dengan baik.

Cara Disable Swap Linux / Nonaktik Swap

Untuk disable swap centos 7 cukup mudah anda hanya menggunakan beberapa command, ketika mengaktifkannya kembali juga mudah  bisa ikutin panduan di atas.  Silahkan copas command dibawah ini untuk nonaktifkan swap

swapoff -a

Proses ini akan memakan waktu karena swap akan dikosongkan lalu tidak aktif kembali. Jadi ketika proses cukup lama anda diamkan saja dahulu. Lalu untuk disable swap linux permanent tentunya anda harus membuka fstab dan disable. Silahkan berikan tanda “#” tanpa tanda kutip di bagian baris swap, misalkan #/swap. Kenapa hanya perlu “#” alasannya adalah untuk mempermudah ketika butuh aktifkan swap kembali anda hanya hapus tanda “#”

Hosting Pangeran Apa Menggunakan Swap ??

Kami tidak menggunakan swap. Karena Ram kami dirasa sudah cukup dan tentunya swap tidak terlalu dibutuhkan, jadi disk bisa bekerja secara optimal untuk server sebagai input dan outputnya.

Spesifikasi Server Semi Dedicated

Kami menggunakan beberapa server dengan spesifikasi sama kurang lebih seperti ini.

  • 16 Core / 32 Thread
  • 64Gb Ram
  • SSD 512Gb Raid 10
  • 1Gbps Network
  • Bandwidth 50Tb

Adapun satu server tertinggi kami

  • 40 Core / 80 Thread
  • 512Gb Ram
  • 1Tb Raid 10
  • 1Gbps Port Network
  • Bandwidth Unmetered

Kesimpulan

Swap bisa dibutuhkan atau tidak tergantung dari spesifikasi server anda. Anda bisa memperhitungkan baik tidaknya menggunakan swap linux karena memang akan berpengaruh pada kehidupan server anda. Bila mana anda kekurangan ram biasanya mysql akan kekurangan resource yang bisa menyebabkan server downtime. Nah bila mana kekurangan resource, swap linux adalah salah satu alternatif. Akan tetapi upgrade ram salah satu yang direkomendasikan.

 

Give a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!